Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai

Iklan
Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai - Sudah tidak asing lagi bagi kita suatu jenis bahan batuan alam yang saat ini banyak sekali di manfaatkan atau di gunakan untuk melengkapi  keindahan sebuah bangunan, baik itu jenis rumah , gedung, kantor, ruko dan sebagai nya.

Ya , salah satu bahan dari alam yaitu jenis batu alam banyak sekali saat ini untuk di manfaatkan sebagai finishing sebuah bangunan sebagai contoh untuk aplikasi dinding rumah dengan batu alam, pagar rumah batu alam, tiang teras dan pilar dari batu alam dan juga pemasangan lantai dan garasi yang terbuat dari batu alam.

Jenis jenis dan ragam batu alam pun saat ini banyak sekali tergantung dari mana asal daerah penghasil batu alam tersebut, saat ini berbagai daerah di indonesia banyak menghasilkan dan memproduksi batu alam seperti jogja, magelang , muntilan, cirebon, majalengka, bandung purwakarta, garut dan masih ada kota lain penghasil batu alam .

Beberapa ragam jenis batu alam yang saat ini populer dan banyak di gunakan seperti detail nya di bawah ini:

1. Batu Alam andesit
Batu alam andesit yang merupakan jenis batuan populer dan banyak sekali digunakan saat ini, baik itu untuk dinding dalam dan luar rumah, juga untuk pagar, garasi dan teras juga bagian finishing lain nya.

Batu Andesit banyak digunakan karena selain warnanya yang sejuk juga banyak sekali dibuat motif dan corak, seperti motif andesit alur dan juga batu susun sirih dan jenis batu andesit RTA.

Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai


2. Batu Paras Jogja
Batu Paras Jogja merupakan batuan jenis cadas atau kapur yang mempunyai warna cerah dan terang, batu paras jogja banyak digunakan untuk aplikasi dinding dalam maupun luar rumah, batu paras jogja mempunyai karakteristik jenis batu yang lunak, maka tidak heran untuk perawatan nya memerlukan perawatan yang maksimal.

Selain itu batu paras jogja memiliki beberapa ragam warna atau cork\ak, seperti batu paras jogja krem dan batu paras jogja putih selain itu ada juga batu paras jogja doreng yang hampir mirip seperti batu palimanan.

Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai



3. Batu Alam Palimanan
Batu yang berasal dari daerah palimanan dan daerah bobos cirebon ini banyak disukai karena corak warnanya yang sangat unik yaitu mempunyai corak warna seperti serat kayu dan kuning ke emasan.

Namun saat ini untuk mendapatkan batu palimanan jenis gold palimo memang sangat sulit, dan saat ini hanya ada jenis batu palimanan bobos yang warna cenderung berwarna putih agak krem dengan sedikit saja serat nya.


Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai


4. Batu Alam Candi ( Batu Candi )
Batu alam jenis ini banyak di produksi dan di hasilkan di daerah jawa tengah, batu candi merupakan batuan alam yang terbentuk dari larva lelehan letusan gunung berapi yang meletus beberapa puluh tahun silam.

Batu alam jenis batu candi memiliki tekstur yang berwarna hitam dan berpori, batu jenis ini banyak di aplikasikan untuk sekitar dinding rumah dan juga pijakan bibir kolam renang, namun saat ini batu candi juga banyak di gunakan untuk bagian bagian lain seperti interior dan juga eksterior rumah.


Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai


5. Batu Templek Acak Purwakarta
Batu alam jenis batu templek atau jenis batu acak dari dahulu hingga sekarang masih populer dan banyak diminati oleh semua kalangan, jenis batuan ini memiliki tekstur yang tidak beraturan, namun setelah dipasang akan menghasilkan tampilan unik khas batu alam yang sangat alami.

Batu templek banyak sekali jenis nya, mulai dari batu purwakarta, garut, salagedang, banjar negara dll, selain itu harga batu acak templek merupakan harga batu alam paling murah saat ini maka tidaklah heran jika masih banyak yang menggunakan nya hingga sekarang.


Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai


6. Batu Alam Susun Sirih
Batu susun sirih sejatinya merupakan perkembangan dari batu alam jenis andesit, batu jenis palimanan dan juga batu jenis acak atau templek yang telah di potong dengan macam dan jenis ukuran berbeda beda tergantung kebutuhan pabrik dan juga para konsumen batu alam.

Batu susun sirih saat ini banyak di pasang di area pagar depan rumah, di dinding pagar dan dinding pembatas rumah, selai itu bisa juga dipasang di pilar dan tiang depan teras rumah dengan variasi pemasangan batu alam yang beragam tentunya.


Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai



7. Batu Alam Koral Sikat ( Batu Koral Sikat)
Batu alam koral sikat merupakan jenis batu alam berbentuk kerikil atau jenis batu koral, batu koral jenis ini banyak dimanfaatkan atau digunakan untu taburan atau di tebar di area taman.

Selain itu batu jenis koral sikat terutama banyak dipasang untuk pembuatan lantai garasi atau lantai halaman rumah dan sangat pouler dengan nama istilah batu koral sikat, selain itu batu jenis koral juga banyak digunakan untuk bahan saringan air di kolam renang maupun kolam hias dan aquarium.

Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai


Banyak sekali ternyata jenis batuan alam yang dapat kita manfaatkan untuk memperindah bangunan maupun tampilan rumah kita, tentu dengan penggunaan yang bijak, teratur dan tidak menyalahi aturan agar tampilan dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Demikianlah artikel saat ini tentang Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai , semoga menjadi bahan inspirasi dan acuan kita dalam memilih dan menentukan jenis batu alam apa yang akan kita beli atau kita gunakan. terimakasih semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ragam Jenis Batu Alam Untuk Dinding Dan Lantai"

Post a Comment

Dilarang berkomentar SPAM dan diluar topik pembahasan dan menyertakan link aktif akan otomatis terhapus